PSIKOEDUKASI MENGENAI REGULASI EMOSI PADA REMAJA AWAL DI SMPN 1 PURWASARI DESA SUKASARI
Abstract
Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak dalam menghadapi banyak konflik dalam dirinya maupun lingkungannya. Ketika remaja dihadapkan pada suatu konflik, belum mampu
merespon dengan baik efek emosional yang dirasakannya. Regulasi emosi adalah kemampuan mengelola emosi dan perilaku dalam mengekspresikan emosi yang sesuai dengan lingkungan
sekitarnya. Salah satu fenomena yang ditemukan di SMPN 1 Purwasari bahwa siswa belum cukup mengetahui tentang emosi dan cara mengelola emosi. Kegiatan ini bertujuan untuk
mewujudkan pendidikan desa yang berkualitas dalam pencapaian SDGs no.4 dengan memberikan psikoedukasi terkait regulasi emosi pada remaja guna membantu memahami emosi
dan mengelola respon emosional. Kegiatan psikoedukasi ini dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab dalam durasi waktu 90 menit yang diikuti oleh siswa kelas VIII SMPN 1
Purwasari sebanyak 43 orang. Berdasarkan hasil kegiatan, siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik dalam mengidentifikasi emosi dan mengetahui cara mengelola emosi.