Psikoedukasi Pengenalan Emosi Melalui Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas 4 SDN Darawolong 2
Abstract
Perkembangan sosial-emosional dan perkembangan kognitif sangat dipengaruhi oleh pengetahuan emosi. Pada usia sekolah, pemahaman akan emosi merupakan komponen penting yang menentukan kemampuan individu dalam mengelola emosi, karena pada usia ini anakanak mulai mengembangkan pemahaman diri dan kesadaran bahwa mereka adalah individu yang berbeda dari orang lain. SDN Darawolong 2 menjadi fokus pengabdian masyarakat ini,
didasarkan pada observasi awal yang menyatakan bahwa pembelajaran yang berkaitan dengan pengenalan dan pembentukan emosi dasar manusia belum pernah ada sebelumnya. Oleh karena itu dilakukan psikoedukasi, dengan tujuan untuk membantu siswa sekolah dasar memahami emosi dasar manusia. Metode yang dilakukan berupa psikoedukasi berupa ceramah, diskusi yang disertai dengan pemberian permainan kelompok berbasis emosi dasar yaitu “Ular Tangga Emosi”. Sasaran pada program ini adalah 24 siswa kelas 4 SDN Darawolong 2. Selamapelaksanaan psikoedukasi, terlihat antusiasme yang tinggi dari siswa-siswi SDN Darawolong 2. Melalui program psikoedukasi yang menyenangkan dan interaktif ini membantu anak-anak menjadi lebih sadar emosional dan lebih baik dalam mengelola emosi mereka.