Melatih Motorik Halus dengan Belajar sambil Bermain pada TKQ Miftahul Huda AlAzka di Desa Darawolong

  • Noer Aisyah Ramadani
  • Agus Fudholi
Keywords: Anak Usia Dini; Belajar sambil Bermain; Perkembangan Motorik Halus.

Abstract

Motorik halus merupakan bagian dari ranah perkembangan fisik dan motorik yang merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Keterampilan motorik halus sangat penting untuk distimulasi sejak anak usia dini. Artikel ini membahas mengenai pendekatan belajar sambil bermain untuk pelatihan motorik halus di TKQ Miftahul Huda AlAzka dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif kegiatan belajar yang menggabungkan permainan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini. Metode yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap observasi awal dan perijinan, setelah itu tahap perencanaan dan persiapan, tahap pelaksanaan dan pengamatan, kemudian tahap analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar sambil bermain dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Terbukti bahwa aktivitas seperti permainan konstruksi, mewarnai, dan bermain dengan alat sederhana meningkatkan koordinasi tangan-mata, keterampilan
genggaman, dan kemampuan motorik halus lainnya.

Published
2025-01-10