PENGEMBANGAN DIGITAL MARKETING MADU MERDEKA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

  • Melly Maryana
  • Santi Arum Puspita Lestari
Keywords: Kuliah kerja Nyata, Usaha Mikro Kecil Menengah, Digital Marketing

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program wajib yang diikuti oleh mahasiswa sebagai bagian dari kurikulum perkuliahan. Melalui KKN, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus dan mengembangkan kemampuan kritis serta kepekaan sosial dalam mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. SDG ke-8 berfokus pada penciptaan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif serta berkelanjutan. Di era digital yang terus berkembang dengan pesat, pemanfaatan teknologi menjadi sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis dan promosi. Desa-desa pun tak tertinggal dari gelombang digital ini, salah satunya adalah Desa Purwasari. Desa Purwasari merupakan sebuah Desa yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan lebih luas seperti usaha Madu Merdeka yang ada di Desa Purwasari. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan melakukan pendampingan,Observasi, wawancara, dan dokumentasi secara langsung pada pemilik UMKM Madu Merdeka di Desa Purwasari. Tujuan dari kegiatan ini, selain untuk meningkatkan pengetahuan pemilik UMKM, adalah untuk membantu mereka memahami strategi dan fokus yang diperlukan dalam mengelola bisnis. Pada saat observasi langsung yang dilakukan penulis kepada pemilik UMKM tersebut, ditemukan adanya permasalahan. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan mengenai cara memanfaatkan Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif. Hal ini mengakibatkan potensi pasar yang besar tidak dapat dijangkau, sehingga penjualan dan pertumbuhan bisnis menjadi terhambat. Sebagai Solusi, penulis melakukan sosialisasi tentang digital marketing melalui Instagram. Kegiatan ini dapat membantu pemilik UMKM untuk belajar tentang cara membuat akun bisnis dan bagaimana berinteraksi dengan audiens agar dapat merangkai strategi dan fokus dalam mengelola bisnis.

Published
2025-01-09