STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PENGELOLA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA KARANGSARI

  • Muhammad Kelvin Alfriansyah
  • Farhamzah
Keywords: KKN, Nilai Ekonomi, Produk Kreatif, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan nilai ekonomi pelaku UMKM melalui strategi pemasaran digital serta memberikan pelatihan pembuatan produk kreatif dan inovatif selai rambutan bagi masyarakat Desa Karangsari. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode penyuluhan, diskusi, dan praktik. Metode penyuluhan dilakukan dengan penyampaian materi strategi digital marketing kepada pelaku
UMKM. Metode diskusi dilakukan dengan studi kasus, berbagi pengalaman, serta pemberian saran dan masukan. Sedangkan metode praktik dilakukan dengan penerapan ilmu yang telah dimiliki, yaitu mempraktikkan cara penggunaan media sosial dan e-commerce sebagai sarana pemasaran produk serta praktik pembuatan produk kreatif dan inovatif selairambutan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa upaya meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM melalui
strategi digital marketing serta pelatihan pembuatan produk kreatif dan inovatif dititik beratkan pada lima hal, yaitu identifikasi masalah, pentingnya branding dan legalitas usaha, pengemasan produk, katalog dan iklan yangmenarik. Dampak dari kegiatan pelatihan produk pembuatan selai rambutan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat desa dalam mengolah rambutan menjadi produk ekonomi yang bernilai jual. Kegiatan penyuluhan serta pelatihan produk kreatif dan inovatif di Desa Karangsari sangat bermanfaat dan diharapkan dapat berkelanjutan.

Published
2025-01-09