PENINGKATAN KUALITAS PACKAGING DAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING UMKM PUPUK ORGANIK PUTRA JATIWANGI

  • Haerul Anzani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lusiana Rahmatiani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Tertuang pada Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Salah satu bentuk
Pengabdian kepada Masyarakat oleh dosen dan mahasiswa adalah dengan pelaksanaan kegiatan Kuliah
Kerja Nyata (KKN). Digital marketing adalah praktek pemsaran yang menggunakan saluran distribusi
digital untuk mencapai konsumen yang lebih luas dengan cara relevan, personal dan biaya yang efektif.
Media sosial menurut pendapat Thoyibie merupakan pemanfaatan teknologi oleh orang untuk membuat
konten berisi infomasi yang dimanfaatkan dalam berinteraksi dengan sesame khalayak umum. Inovasi
menurut Kotller adalah produk atau jasa yang dipersepsikan oleh konsumen merupakan pengembangan
produk atau jasa baru yang bertujuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya sebagai uapaya
mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Target atau sasaran pada penelitian ini yaitu UMKM
Pupuk Putra Jatiwangi di desa Jatiwangi. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penelitian ini
menggunakan medote Deskriptif Kualitatif atau wawancara dan terjun secara langsung kelapangan sebagai
hasil laporan maka dilampirkan dalam bentuk dokumentasi. Hasil wawancara tim ini memperoleh informasi
berupa sejarah berdirinya UMKM sampai pembuatan produk dan permasalahan yang dialami.
Menghasilkan inovasi kemasan dan logo baru agar lebih menarik dan memiliki nilai jual tinggi. Pemasaran
melalui media sosial yaitu Instagram dan Shoope agar pemasaran menjangkau ke wilayah yang lebih luas
lagi.

Published
2023-03-17