SOSIALISASI PENTINGNYA INOVASI TERHADAP PRODUK PADA PELAKU UMKM
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari kurikulum di perguruan tinggi yang wajib
diambil oleh mahasiswa. Program KKN dilaksanakan setiap tahunnya dengan format yang
berbeda-beda. Pada tahun ajaran 2022/2023, Kuliah Kerja Nyata Universitas Buana Perjuangan
Karawang dengan Tema Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat
Mandiri. mahasiswa mensurvei para pelaku umkm di desa Jatiwangi dan melihat kondisi para
pelaku UMKM yang belum terinovasi dan memutuskan untuk menjadikan UMKM binaan, metode
yang digunakan selama kegiatan KKN adalah mensosialisasikan langsung kepada para pelaku
UMKM pentingnya inovasi suatu produk agar berkembang berkembang. Adapun indikator tujuan
kegiatan ini adalah para pelaku UMKM telah berhasil menginovasi produknya seperti UMKM
telor Asin Abah yang berhasil menginovasi kemasan dari produk yang tadinya hanya memakai
karton sekarang memakai mika khusus tempat telor dan dibuatkan label sendiri. Berdasarkan
pengamatan saya selama KKN, Potensi desa wisata di Kecamatan Jatisari Karawang terbuka lebar
bagi Desa Jatiwangi. Pasalnya, salah satu tempat di Desa Jatiwangi kini banyak dikunjungi warga,
namun hanya sekedar nongkrong dan bermain di saluran sekunder. Karena pemandanganpemandangan yang bisa dinikamati adalah pertanian dan juga suasana yang sejuk. Wisata desa
lebih tepatnya, jika kedepannya dapat dicanangkan menjadi desa wisata di Kabupaten Karawang
Desa Jatiwangi memiliki potensi menjadi desa pariwisata dan menjadi wadah untuk para pelaku
UMKM.