PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN PADA UMKM TELUR ASIN ABAH DI DESA JATIWANGI
Abstract
Kegiatan perancangan dan pengembangan produk ini merupakan bagian dari program KKN (Kuliah
Kerja Nyata) kegiatan ini dilakukan di lingkungan Desa Jatiwangi. Adapun tujuan kegiatan ini adalah
memberikan pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya pengembangan suatu produk di era ekonomi
digital dan menambah daya saing bagi pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam tulisan ini yaitu
wawancara dan kuisioner. Pembinaan ini diikuti oleh pelaku UMKM Telur Asin Abah dan juga UMKM
lain yang ada di Desa Jatiwangi. Hasil dari pengabdian ini adalah menunjukkan bahwa kemajuan
teknologi pada era ekonomi digital (Revolusi Industri 4.0) memang tidak dapat dihindari, khususnya
dalam perkembangan kemasan produk serta pemasaran digital yang semakin pesat. Kemasan yang
menarik tentunya akan menambah daya saing dan daya tarik konsumen terhadap suatu produk,
Kemudian sistem pemasaran digital memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi secara umum, kelebihan
dari sistem pemasaran digital lebih besar daripada kekurangannya. Hadirnnya sistem pemasaran digital
ini bukan berati menghilangkan eksistensi pemasaran di warung-warung tetapi, dengan adanya sistem
pemasaran digital ini juga dapat meminimalisir terjadinya berkurangnya pendapatan pelaku UMKM
serta berkurangnya pelanggan akibat persaingan produk yang sama beredar di masyarakat.