PENERAPAN BRANDING PRODUK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA SORODOT MAK NTUT

  • Cahyuni Sinta Sari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Cici Emilia Sukmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan teknologi digital pada bidang bisnis membuat adanya perubahan pada metode
komunikasi pemasaran yang mulanya bersifat konvensional beralih ke digital marketing. Pemasaran
berbasis digital juga menjadi kesempatan bagi pelaku UMKM untuk untuk berkembang dengan
melakukan branding dan pemasaran secara digital melalui media sosial, marketplace, dan e-commerce.
Dengan demikian, diperlukan adanya sosialisasi dan pelatihan mengenai branding produk dan digital
marketing. UMKM Sorodot Mak Ntut menjadi fokus usaha yang masuk program kerja kegiatan
pengabdian masyarakat untuk dikembangkan usahanya kearah digital. Metode pelaksanaan dalam
kegiatan ini dilakukan dengan dua acara, yaitu (1) Sosialisasi branding produk dan digital marketing
kepada pemilik UMKM dan (2) Pendampingan dan pelatihan branding produk UMKM. Program
tersebut berhasil memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya pemanfaatan
teknologi informasi untuk branding dan memasarkan produk UMKM. Penulis mengharapkan supaya
pelaku UMKM yang telah menerima pelatihan tersebut terus mengimplementasikan materi yang
diberikan dan termotivasi mengikuti perkembangan pada teknologi informasi dalam usahnya.

Published
2023-03-16