SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM DI DESA TELARSARI

  • Mohammad Fikri Haikal Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

UMKM merupakan usaha yang dimiliki perseorangan. UMKM diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satunya adalah UMKM Keripik Nugget di Desa Telarsari. Tujuan dari pengabidan kepada masarakat ini adalah membantu UMKM Keripik Nugget dalam proses pemasaran yang berbasis media sosial. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan sosialisasi pemasaran dengan menggunakan media sosial Instagram dan Facebook. Kegiatan pengabdian terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan dan perencanaan, implementasi kegiatan, evaluasi dan monitoring, Hasil dari kegiatan ini adalah mitra mendapatkan pemahaman dan pengalaman baru memasarkan produk menggunakan media sosial. Hasil pengabdian yang dilakukan adalah mitra memiliki pemahaman menggunakan internet sebagai sarana pemasaran. Mitra juga memiliki kemampuan memasarkan produk menggunakan media sosial Facebook dan Instagram. Adapun saran bagi UMKM Keripik Nugget, dapat konsisten melakukan pemasaran melalui sosial media, dan saran bagi mahasiswa yaitu Program pengabdian lanjutan perlu dilakukan agar tetap terbantunya masyarakat khususnya para pelaku UMKM.

 

Published
2023-03-16