SOSIALISASI DIGITALISASI PROMOSI DAN PENTINGNYA BRANDING PADA UMKM DESA TELARSARI

  • Neng Nurniati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini sangat berpengaruh pada bidang perekonomian, karena pada era globalisasi pertumbuhan ekonomi berkembang pesat sehingga banyak pesaing dalam pasar bisnis. Perkembangan teknologi selain memberikan harapan juga menjadi tantangan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang dituntut harus beradaptasi menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Digitalisasi UMKM merupakan suatu upaya untuk meningkatkan pemahaman teknologi bagi para pelaku usaha melalui digitalisasi marketing. Metode yang digunakan pada program ini dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya digitalisasi marketing dan branding dalam promosi digitalisasi serta dilakukannya pembuatan label produk, banner dan akun sosial media berupa instagram pada UMKM Keripik Nugget 46 yang diproduksi oleh Bapak Budiani yang terletak di Rt. 02 Rw. 02, Desa Telarsari, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Program ini diharapkan dapat membantu promosi produk UMKM tersebut agar produknya lebih dikenal dan pemasaran produk lebih luas. Hasil dari program ini adalah pelaku usaha mendapatkan pemahanan serta pengalaman baru tentang digitalisasi marketing pada promosi produk mereka melalui media sosial.

Published
2023-03-16