PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL MEDIA DALAM MENGHADAPI ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI DESA TELARSARI
Abstract
Pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan sosial media dan online app lainnya pada saat ini
merupakan hal yang baru bagi para UMKM yang bergerak menggunakan cara konvensional khususnya
pada UMKM Keripik Nugget 46 di desa Telarsari. Artikel pengabdian ini berfokus kepada pemberdayaan
mitra UMKM menggunakan sosial media dalam menghadapi kebiasaan baru di desa Telarsari. Karena itu,
artikel pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pendukung dengan metode kualitatif
untuk mendukung tentang pengabdian ini seperti jurnal, berita, buku, dan dokumen-dokumen legal lainnya
untuk menjadi referensi. Dengan demikian artikel pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan dan
menerapkan digital marketing melalui sosial media dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru bagi
UMKM Keripik Nugget 46 yang diproduksi oleh Bapak Budiani yang terletak di Rt. 02 Rw. 02, Desa
Telarsari, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Bara