PENYULUHAN PEMANFAATAN E-MARKETPLACE PADA UMKM DESA TELARSARI
Abstract
UMKM sendiri merupakan jenis bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha yang
menyentuh kepentingan masyarakat. Semprong merupakan salah satu UMKM yang ada di
Desa Telarsari. UMKM di masa pandemi ini tentunya hampir semua UMKM mengalami
kesulitan dibidang pemasaran produk, termasuk UMKM Semprong. Tujuan pengabdian ini
yaitu untuk memudahkan UMKM memasarkan produk yang dihasilkan dan suatu model yang
memberikan informasi bisnis UMKM.Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan
menggunakan 3 tahap yaitu Tahap Perencanaan, Tahap Implementasi Kegiatan, Tahap
Evaluasi/ Assesment. Mitra dibantu untuk memperoleh ide dalam mengembangkan UMKM
seperti bagaimana cara promosi dan pemanfaatan media sosial sehingga pemasaran bisa lebih
maksimal. Mitra mulai terbiasa mengupload produk dalam media sosial. Mitra juga mulai
mencoba untuk menggunakan marketplace besar seperti Shopee dan tokopedia. Hasil
pengabdian yang dilakukan yaitu mitra memiliki pemahaman tentang menggunakan media
sosial sebagai sarana pemasaran. Adapun saran bagi UMKM Semprong yaitu agar lebih
konsisten dalam melakukan pemasaran melalui media sosial sehingga produk Semprong dapat
mudah dikenal oleh banyak orang