PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP PENENTUAN STRATEGI PENJUALAN PRODUK UMKM KERIPIK NUGGET DI DESA TELARSARI

  • Fajar Aziz Fauzi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Keripik Nugget merupakan salah satu UMKM yang ada di Desa Telarsari Kecamatan Jatisari
Kabupaten Karawang. UMKM Keripik Nugget ini didirikan pada tahun 2019 dengan aneka
rasa Keripik Nugget jaggung dan balado. Makanan ini sukses menghadirkan cita rasa baru bagi
lidah masyarakat Desa Telarsari. Perkembangan UMKM yang ada di Indonesia masih
menghadapi berbagai masalah, diantaranya ada masalah promosi, pemasaran dan penjualan
produk. Seiring dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi maka harus
dimanfaatkan untuk pemasaran dan penjualan melalui dunia maya yang sering disebut ECommerce. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaakan E-Commerce terhadap penentuan
strategi penjualan produk pada usaha Keripik Nugget. Metode penelitian yang digunakan
adalah observasi dan interview. Hasil dari penelitian ini sendiri dapat disimpulkan bahwa usaha
ini memiliki peluang bagus dalam hal rasa karena langsung dikelola sendiri oleh pemiliknya,
selain itu kedepannya harus lebih berinovasi dan lebih kreatif lagi dalam pengenalan menumenu baru, pengemasan produk serta harus selalu menjaga kualitas bahan-bahan baku yang
digunakan agar memiliki daya saing untuk meningkatkan penjualan di era digitalisasi ini.

Published
2023-03-16