PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN DIGITALISASI UNTUK UMKM

  • Ahmadin Abdul Majid Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Enjang Suherman Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Mitra Pengabdian Masyarakat pada kegiatan ini adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
yang bergerak dalam bidang kuliner atau makanan yang baru berdiri di Desa Telarsari, yaitu
lebih dari 5 tahun. Pemilik Keripik Nugget ini biasanya memasarkan produknya hanya ke
warung-warung terdekat dan di sekitar desa. Oleh karena itu, dalam kegiatan pemasarannya
masih sangat minim dan cenderung masih tradisional. Untuk itu UMKM ini perlu diberikan
pelatihan tentang pentingnya pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih
baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan
yang lebih baik lagi. Selain itu, UMKM juga diberikan bantuan dalam membuat akun bisnis di media
digital yaitu Instagram, beserta cara mengelola media digital tersebut secara optimal. Metode yang
digunakan adalah dengan memberikan pelatihan berupa ceramah dan pemberian tutorial membuat
akun di media digital beserta cara mengelola media digital tersebut. Dari hasil yang diperoleh dalam
kegiatan ini, disarankan sebaiknya penggunaan strategi digital marketing dapat ditindaklanjuti dengan
pembimbingan secara berkala sehingga bisa efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran
dan meningkatkan penjualan usaha UMKM.

Published
2023-03-16