PENDAMPINGAN BRANDING PADA PELAKU UMKM DI DESA SUKAMEKAR SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

  • Chalida Nurmarisma Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lania Muharsih Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pendidikan dalam bentuk pengabdian
kepada masyarakat. Dalam pengabdian ini mahasiswa diberikan pengalaman belajar untuk hidup di
tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani
masalah-masalah pembangunan yang dihadapi. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata merupakan agenda rutin
tahunan Universitas Buana Perjuangan Karawang. Desa Sukamekar merupakan salah satu tempat
dilaksanakannya KKN Universitas Buana Perjuangan Karawang. Salah satu UMKM Desa Sukamekar
adalah Keripik Tempe Rinjani Food yang dimana mahasiswa melakukan pelatihan, penyuluhan dan
penerapan terhadap beberapa teknis. Salah satu teknis yang dilakukan penyuluhan sekaligus
penerapan adalah pada pelatihan dalam pembuatan produk keripik tempe. Tujuan penulisan artikel ini
adalah untuk menjelaskan penyuluhan dan penerapan pelatihan yang dilaksanakan pada UMKM
Keripik Tempe Rinjadi Food. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan penyuluhan dan
penerapan branding sebagai strategi pemasaran digital pada UMKM keripik tempe. Metode penulisan
artikel ini yaitu menggunakan konsep pendampingan pemaparan serta praktik pada kegiatan KKN.
Hasil yang di dapat yaitu dengan adanya pelatihan yang dilakukan terciptanya standar untuk
melakukan produksi keripik tempe dan juga meningkatkan penjualan keripik tempe.

Published
2023-03-15