IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MARKETPLACE DALAM DIGITAL MARKETING PADA UMKM DESA SUKAMEKAR
Abstract
Hadirnya teknologi dalam kehidupan manusia mampu menunjang seluruh aspek kegiatan manusia.
Dampak positif yang ditimbulkan tersebut dapat mempercepat proses pertukaran informasi antara
satu sama lain. Dalam era digitalisasi, pemasaran produk UMKM dapat berjalan dengan optimal
dengan memanfaatkan teknologi. Media sosial merupakan suatu sarana digital marketing yang
paling mudah untuk dimanfaatkan. Pelaku UMKM tersebut terhadang kendala masih minimnya
pengetahuan terhadap digital marketing dan electronic commerce (e-commerce). Potensi
pemanfaatan digital marketing ini mengharuskan masyarakat untuk melek teknologi, oleh karena itu
diperlukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif dan library research.
Data penelitian diambil dari berbagai referensi yang relevan yang dapat diakses di Google Scholar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diadakan sebagai bentuk sosialisasi
penggunaan E-Commerce pada pelaku UMKM desa Sukamekar berjalan positif. Mereka dapat
mengimplementasikannya dengan baik, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan dan memperluas
target audience-nya. Dengan demikian, penjualan produk UMKM dapat meningkat yang dapat
mempengaruhi omset yang didapatkan.