MENINGKATKAN INCOME PENJUALAN KEPADA PELAKU UMKM DI DESA KEMIRI

  • Abigail Yolanda Gabriela Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yana Cahyana Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Coronavirus disease 2019 atau COVID-19 menyebabkan dampak terhadap kesehatan
dan perekonomian di Indonesia. Semenjak adanya COVID-19 di Indonesia, banyak
perusahaan atau bisnis yang mengalami penurunan penjualan ditambah dengan adanya
kebijakan dari pemerintah yaitu pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).
Penerapan PPKM sangat berdampak negatif terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah
(UMKM). Untuk itu, dalam membantu mengembalikan pemasukan UMKM di era new
normal ini, perlu diadakannya pelatihan pembuatan video sebagai sarana promosi yang
sangat berperan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pengenalan dan
pemahaman mengenai sistem pemasaran online serta memotivasi UMKM untuk
menerapkannya dalam upaya mempertahankan dan mempersiapkan bisnis di Era New
Normal. Selain itu, penelitian ini juga sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dalam
bentuk sinergi antara mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Kemiri dengan pelaku
UMKM. Objek penelitian ini adalah UMKM Desa Kemiri diantaranya Dodol Ibu Rohmah
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitiatif deskriptif dan data yang didapatkan adalah
hasil dari observasi langsung kepada beberapa UMKM di Desa Kemiri melalui wawancara
singkat. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa untuk meningkatkan income penjualan
usahanya di Era New Normal, UMKM Desa Kemiri dapat menerapkan online marketing
berupa pemanfaatan media sosial seperti Facebook dan TikTok, pendaftaran lokasi pada
Google Maps dan mendaftarkan usaha pada Marketplace seperti Shopee dan lain-lain.
Dalam penerapan diharapkan dapat membantu para UMKM dalam meningkatkan income
penjualan usahanya ditengah pandemi COVID-19.

Published
2023-03-14