STRATEGI PERLUASAN PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS ONLINE DI DESA KEMIRI

  • Friska Aditia Indriyani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yana Cahyana Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM Indonesia (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu sektor
ekonomi yang mencukupi, hal ini didominasi oleh agen ekonomi. Namun, UMKM
menghadapi tantangan dalam menghadapi persaingan digitalisasi di bidang bisnis agar mampu
bertahan dalam persaingan. Teknologi sangat penting dalam membantu pedagang
mempromosikan produk mereka. Menurut survei, 80% pelaku UMKM tidak memahami
teknologi yang digunakan oleh konsumen. Beberapa pedagang, terutama yang berusia di atas
35 tahun, kurang memiliki pengetahuan teknis. Seperti hal nya dalam pemasaran online (OL)
adalah metode pemasaran yang menggunakan OL dan media berbasis elektronik.Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas pemasaran OL dalam meningkatkan penjualan
perusahaan. (2) Menjelaskan potensi produk pemasaran OL, (3) identifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi pengembangan strategi pemasaran OL, dan (4) buat rekomendasi. Strategi
pemasaran OL alternatif untuk digunakan dalam usaha kecil dan menengah (UMKM). Subyek
penelitian adalah pedagang yang dipilih dari desa Kemiri Kecamatan Jayakerta, Kabupaten
Karawang. Proses penelitian dilakukan langsung oleh peneliti yang terjun ke lapangan. Jenis
kedua adalah wawancara, yaitu memperoleh informasi secara langsung dari pedagang tentang
masalah yang muncul.Melakukan survey terhadap permasalahan yang ditemui selama menggunakan
pemasaran konvensional di Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang. Permasalahan yang dapat
ditemukan ada beberapa persoalan yang terjadi di masyarakat Desa Kemiri yang berhubungan dengan
pemasaran berbasis online dari usaha Dodol Ketan yang belum dimanfaatkan secara optimal sesuai
dengan tema KKN saat ini yaitu “Inovasi dan Digitalisasi Menuju Masyarakat Mandiri”

Published
2023-03-14