REBRANDING UMKM DODOL IBU ROHMAH MELALUI LOGO YANG UNIK DAN MENARIK DI DESA KEMIRI
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dimana
pengabdian ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM di Desa Kemiri dalam
memperbaharui atau re-branding logo usaha mereka agar menjadi lebih baik dan bertahan di
pasar. Selain itu re-branding dapat membangkitkan brand awareness dan brand image
produk.Tujuaun umum dari program dari program re-branding atau pembuatan logo ini adalah
menjadikan UMKM memiiliki ciri khas tersendiri dan menjadi pembeda anatara sesama
pemilik UMKM. Dalam hal promosi, konsumen juga dapat dengan mudah untuk mengenali
suatu produk. Adanya logo membuat sebuah produk bisnis menjadi menarik dan disukai, hal
ini bertujuan agar produk lebih menarik pelanggan. Metode yang digunakan adalah obsevasi
lapangan dan wawancara serta diskusi dengan pemilik UMKM. Hasil survei menunjukan
bahwa adanya inovasi logo baru membuat para konsumen lebih tertarik membeli dan produk
yang melakukan re-branding menjadi lebih mudah dikenali oleh konsumen karena logonya
yang unik dan menarik.