DIGITALISASI UMKM MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID UNTUK BISA BERSAING DI INDUSTRI 5.0 ERA SOCIETY

  • Deni Kosasih Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yana Cahyana Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) merupakan salah satu usaha yang sangat
menopang aktivitas ekonomi apalagi dalam kondisi krisis ekonomi dunia akibat pandemi
covid-19. Peningkatan UMKM menunjukkan bagaimana sektor ini masih menjadi andalan
bagi perekonomian masyarakat. Era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 strategi pemasaran
digital sangat berperan dalam membangun jaringan, komunikasi dengan konsumen dan
memperkenalkan produk atau jasa sebuah perusahaan. Adapaun media digital yang umum
diakses dalam mengimplementasikan strategi pemasaran digital yaitu website, blog dan juga
sosial media (Facebook, Instagram, Whatsapp, Line, dsb), SEO, SEM, Email Marketing,
Content Marketing, branding dan App Development). Adapun subyek penelitian adalah
pedagang yang dipilih dari desa Kemiri Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang. Proses
penelitian dilakukan langsung oleh peneliti yang terjun ke lapangan. Jenis kedua adalah
wawancara, yaitu memperoleh informasi secara langsung dari pedagang tentang masalah
yang muncul.Melakukan survey terhadap permasalahan yang ditemui selama menggunakan
pemasaran konvensional di Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang. Permasalahan yang dapat
ditemukan ada beberapa persoalan yang terjadi di masyarakat Desa Kemiri yang berhubungan dengan
pemasaran berbasis online dari usaha Dodol Ketan yang belum dimanfaatkan secara optimal sesuai
dengan tema KKN saat ini yaitu “Inovasi dan Digitalisasi Menuju Masyarakat Mandiri”.

Published
2023-03-14