PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM DODOL IBU ROHMAH DI DESA KEMIRI
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) memerlukan adanya sebuah strategi pemasaran dalam
memperkenalkan kegiatan usahanya. Umkm Dodol Ibu Rohmah merupakan home industri yang
memproduksi dodol ketan asli dan aneka jenis kue basah yang terletak di Desa Kemiri RT 016 RW 004
Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang Jawa Barat. Home ndustri ini didirikan oleh keluarga Ibu
Rohmah secara turun temurun pada tahun 1980an. Metode yang dilakukan dengan cara melakukan
wawancara dan survei pada pelaku UMKM, melakukan observasi, serta memberikan penyuluhan
terhadap pelaku UKMK Dodol tersebut. Penyuluhan yang dilakukan secara langsung dengan pemilik
UMKM Dodol tersebut. Materi yang diberikan adalah upaya penerapan strategi pemasaran dalam
meningkatkan penjualan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam
meningkatkan penjualan pada UMKM Dodol Ibu Rohmah adalah dengan menerapkan (marketing mix)
bauran pemasaran 4P, yaitu strategi produk adalah dengan menjaga kualitas produk dengan baik dan
dengan menggunakan kemasan yang modern.