STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING DI DESA KEMIRI

  • Hilma Rohimatul Khopipah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yana Cahyana Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu
pengabdian masyarakat. Pengabdian merupakan suatu wujud integralisasi dari ilmu yang tertuang
secara teoritis di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari di
masyarakat sehingga ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan dan dikembangkan dalam kehidupan
masyarakat luas. Potensi yang dimiliki oleh masyarakat di Desa kemiri antara lain Pertanian,
perikanan dan UMKM. Di Desa Kemiri terdapat beberapa UMKM (usaha mikro kecil menengah)
salah satunya UMKM produk dodol yang secara tidak langsung memberikan dampak positif dan
banyak potensi untuk memajukan UMKM tersebut. Di tengah gerusan makanan modern hanya sedikit
warga yang coba mempertahankan makanan tradisional. UMKM Dodol ibu Rohmah ini berdiri sejak
tahun 1980 yang menjadi usaha keluarga secara turun temurun sampai saat ini. Di Era New Normal
saat ini semua pelaku usaha dituntut untuk beradaptasi terhadap lingkungan bisnis yang cepat berubah
salah satunya dengan mengandalkan teknologi digital. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa
digitalisasi mampu meningkatkan kinerja UMKM. Digital marketing ini merupakan salah satu upaya
untuk mewujudkan UMKM menuju digitalisasi sehingga dapat mencapai efektifitas pemasaran
mereka dan kinerja UMKM yang meningkat. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif
yaitu berupa wawancara secara langsung terhadap pihak UMKM Dodol di Desa Kemiri, kegiatan ini
mengenai pembinaan terkait Digitalisasi UMKM Desa Kemiri dengan mengamati dan menganalisis
semua informasi terhadap pengusaha UMKM Dodol Desa Kemiri.

Published
2023-03-14