PSIKOEDUKASI PENERAPAN ICE BREAKING UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA SDN KEMIRI 1
Abstract
Model pembelajaran menjadi wahana interaksi edukasi antara guru dengan siswa
dalam kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu guru perlu memperhatikan
ketepatan memilih model pembelajaran sesuai dengan tujuan, jenis dan sifat
materi pelajaran, kondisi siswa, fasilitas yang tersedia, juga kemampuan guru
dalam memahami dan melaksanakan model pembelajaran. Jadi penggunaan
model pembelajaran yang tepat akan menentukan efektivitas dan efisiensi
pembelajaran Banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam usaha
mengoptimalkan proses pembelajaran salah satnya adalah Ice Breaking. Maka
guru berperan sebagai fasilitator dan juga motivator, agar proses pembelajaran
menjadi efektif dan efisien.Rancangan penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK), Berdasarkan hasil dan pembahasan diatas, dapat
disimpulkan maka kesimpulan pada penelitian ini adalah upaya mengatasi
kejenuhan belajar yaitu penerapan ice breaking pada siswa SDN Kemiri 1 ini baik
Terbukti setelah dilakukannya penerapan Ice Breaking siswa menjadi fokus
kembali dan tidak mengantuk, tentunya guru menjadi lebih diperhatikan.
Sehingga Ice Breaking berpengaruh dalam mengatasi kejenuhan belajar sisa dan
keunggulannya dapat memberikan fokus dan perhatiannya kepada proses
pembelajaran dan gurunya