PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI SARANA MEMPERKENALKAN PRODUK UMKM DESA CIPTAMARGA

  • Ali Akbar Hamdani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Zarisnov Arafat Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM yang mampu membangkitkan kreativitas dan mendistribusikan pendapatan masyarakat yang
sejalan dengan upaya melestarikan unsur – unsur tradisi dan budaya masyarakat setempat. Jangkauan
pemasaran UMKM di desa Ciptamarga hanya di sekitar desa dan tidak memasarkan secara digitalisasi.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Yang dilakukan Oleh Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Buana
Perjuangan Karawang bertujuan untuk mengembangkan dan memperkenalkan produk – produk
UMKM yang ada di desa Ciptamarga di era digitalisasi, dengan memanfaatkan Blogspot sebagai
sarana untuk memperkenalkan UMKM desa Ciptamarga, dan pemasaran secara digitalisasi. Metode
yang digunakan pada kegiatan ini adalah metode Observasi yang bersifat deskriptif, dan pengumpulan
data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan pemilik UMKM yang kita tuju di desa
Ciptamarga. Manfaat dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata agar menjadi pengetahuan, strategi pemasaran,
keterampilan, dan mengurangi remaja – remaja pengangguran yang ada di desa Ciptamarga. Hasil yang
diharapkan dengan memperkenalkan produk UMKM melalui Blogspot dan media sosial adalah dapat
meningkatkan inovasi dalam pemasaran pada UMKM nya masing – masing dan minat remaja – remaja
di desa Ciptamarga untuk melanjutkan UMKM yang ada serta membantu pemasaran secara digitalisasi.

Published
2023-03-13