MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA TANGGA PINTAR PADA KELAS 1 DI SDN CIPTAMARGA II

  • Dwi Putri Hairanny Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Zarisnov Arafat Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aang Solahudin Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pendidikan membentuk manusia menjadi makhluk yang cerdas dan berwawasan luas
dalam kehidupannya. Metode yang di gunakan pelaksanaan kuliah kerja nyata ini
menggunakan metode kualitatif yang dimana kegiatan ini dilakukan dengan observasi terkait
pengembangan media belajar Pada Siswa Kelas I Melalui Kegiatan tanya jawab dengan tujuan
untuk Meningkatkan Kemampuan Pada Siswa Sekolah Dasar yang dilakukan oleh mahasiswa
KKN program studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan
Universitas Buana Perjuangan Karawang pada hari sabtu tanggal Dua Puluh Tiga bulan Juli
tahun 2022 yang dilaksanakan di SDN ciptamarga II, Desa ciptamarga, Kecamatan Jayakerta,
Kabupaten Karawang. Kegiatan ngajar mengajar menerapkan media tangga pintar dengan
tujuan agar siswa dapat meningkatkan pemahaman pada materi operasi penjumlahan dan
pengurangan agar siswa mampu memahami materi tersebut dengan bantuan media yang
sangat mudah. Berbagai cara yang dapat membantu anak mengatasi masalah seperti (1)
Penggunaan media kantong bilangan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan
menentukan nilai tempat bilangan(Yuni, 2019) (2) Media papan bilangan, edia ini sesuai
diberikan dalam materi nilai tempat(Febrician, R, 2019)serta (3) Media tangga pintar. Media
tangga pintar ini sudah banyak diteliti oleh peneliti terdahulu antara lain oleh(Putra, R, E. , &
Clara, 2020) (Maulidiyah, Nurul Khikmah, 2019) (Yuli, 2018), media ini dirasa layak dan
efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar baik pada pembelajaran bobot
satuan maupun operasi hitung bilangan yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan. Jadi,
dari beberapa penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa media ini cocok digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi nilai tempat. Media ini dibuat dengan kode
warna tertentu sesuai dengan nilai tempat bilangan serta dilengkapi dengan kartu angka dan
kartu nilai angka yang juga diberi warna sesuai nilai tempat bilangan. Penelitian yang telah
dilakukan di SDN Ciptamarga IIterhadap penggunaan media tangga pintar pada siswa
kesulitan belajar berhitung dalam kemampuan menentukan nilai tempat bilangan disimpulkan
dapat meningkat. Analisis keseluruhan kondisi terjadi peningkatan terhadap kemampuansiswa dalam menentukan nilai tempat bilangan bagi siswa kesulitan belajar berhitung melalui
pemberian intervensi atau obat menggunakan media tangga pintar ini. Hasil pengumpulan
data menunjukkan bahwa media tangga pintar ini dapat memberikan hasil yang baik dalam
menentukan nilai tempat bilangan pada siswa dengan keterbatasan dalam berhitung di kelas I
di Sekolah Dasar Negeri Ciptamarga II Desa Ciptamarga Kecamatan Jayakerta Kabupaten
Karawang.

Published
2023-03-13