SOSIALISASI STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS DIGITAL MARKETING UMKM DESA CIPTAMARGA

  • Fikri Iskanda Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Zarisnov Arafat Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun tingginya
minat masyarakat dalam memulai usaha sekarang ini tidak diimbangi dengan keterampilan mereka
dalam mengelola sebuah perusahaan. Pengabdian ini sendiri bertujuan untuk mencari tahu kemampuan
para pelaku UMKM di Desa Ciptamarga, dalam mengelola usaha yang mereka jalankan, dan kegiatan
pelatihan dan pendampingan digital marketing ini untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan
keterampilan peserta dalam hal pemanfaatan platform digital. Serta memberikan alternatif pilihan mata
pencaharian peserta atau sumber baru untuk meningkatkan pendapatannya. Selain itu pengabdian ini
juga bertujuan sebagai sarana pelatihan bagi para pelaku UMKM dalam pengelolaan sumber daya
manusia dan pemasaran UMKM. Dalam pengabdian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa sebagian besar pelaku UMKM masih membutuhkan
pengetahuan mengenai tugas dan peran sumber daya manusia dalam melakukan pemasaran produkproduk mereka dengan menggunakan alat-alat teknologi yang canggih. Selain itu, hasil pengabdian
kepada masyarakat juga menunjukan bahwa kegiatan pelatihan ini cukup efektif dalam membina para
pelaku UMKM sehingga para pelaku UMKM lebih memahami pentingnya ilmu manajemen sumber
daya manusia dan manajemen pemasaran serta penerapannya dalam pengelolaan usaha yang mereka
jalankan.

Published
2023-03-13