PEMANFAATAN PROMOSI ONLINE MENGGUNAKAN ECOMMERCE UNTUK UMKM DI DESA SINDANGMUKTI
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini ditandai dengan munculnya internet. Dengan
adanya perkembangan teknologi berupa internet ini dapat mengubah proses bisnis. Internet
sangat berguna untuk proses menjual dan membeli secara online atau sering dikenal dengan Ecommerce. Selain itu Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya
persaingan membuat UMKM harus mampu menghadapi tantangan global, seperti
meningkatkan inovasi produk, Untuk menumbuhkan minat konsumen mencoba dan membeli
produk yang dijual UMKM, diperlukan upaya, berbagai strategi pemasaran yang efektif salah
satunya dengan kegiatan promosi. UMKM dari desa sindangmukti adalah UMKM aneka
keripik dan bibit kembang kol, kegiatan usaha ini dimiliki perorangan atas nama ibu tayem dan
bapak kosim. Permasalahan yang didapatkan adalah pemahaman pelaku usaha belum
memahami bagaimana memanfaatkan teknologi digital sebagai tempat memasarkan hasil
produksi, Tujuan dari kajian ini adalah untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan
usaha melalui media digital atau sering disebut E-commerce. Hasil dari kajian ini adalah
memungkinkan distribusi produk lebih luas dan pelaku usaha memahami perkembangan
digitalisai UMKM. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi melalui E-Commerce bermanfaat
untuk menarik minat konsumen membeli produk UMKM sektor makanan dan pertanian