INOVASI DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KEBERLANGSUNGAN UMKM DI DESA SINDANGMUKTI

  • Linda Rahmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yuniar Rakhamtiar Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi sudah merambah ke bidang digital marketing bagi para pelaku usaha.
Salah satu alat digital marketing adalah media sosial. Media sosial inilah yang dapat membantu bagi para
pelaku usaha dalam melakukan promosi dan penjualan produk, salah satunya adalah pelaku UMKM. Desa
sindangmukti merupkan salah satu desa yang berada pada wilayah Administratif Kecamatan Kutawaluya
Kabupaten Karawang Jawa Barat. Desa Sindangmukti merupakan desa yang membutuhkan pengembangan
baik segi pendidikan, teknologi, dan ekonomi, terutama di UMKM harus di kembangkan di desa tersebut
di karena minimnya pengetahuan tentang UMKM dan cara pemasaran dengan cara konvensial dengan cara
promosi dari mulut kemulut membuka lapak dan membuka bazar, oleh karena itu Strategi Pemasaran
melalui media digital sekarang dapat meningkatkan UMKM dan menarik konsumen untuk melakukan
pembelian. Maka harus menerapkan Strategi Pemasaran yang tepat dengan kondisi pasar yang di hadapin
dan perlu adanya cara untuk memajukan penjualan melalui promosi media digital selain itu Umkm juga
harus berinovasi lagi untuk menarik minat konsumen agar tidak ketinggalan zaman dan bisa bersaing di
pasaran. Metode yang digunakan yaitu memperbaharui kemasan dengan mendesign logo dan stiker
kemasan.

Published
2023-03-10