PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN UMKM DI DESA SINDANGMUKTI (BIBIT KEMBANG KOL)

  • Witulas Ambang Cahyati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yuniar Rakhamtiar Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM merupakan salah satu bentuk inovasi yang mendongkrak suatu perekonomian daerah setempat
bahkan ekonomi nasional. Pemberdayaan masyarakat sosial melalui pendekatan pengembangan
UMKM melalui kelompok masyarakat akan berdampak positif terhadap perkembangn desa terutama
Desa Sindangmukti Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang. Di Desa Sindangmukti memiliki
beberapa potensi UMKM salah satunya yaitu usaha bibit kembang kol yang jika dikembangkan akan
menjadi sumber pendapatan yang cukup untuk mendorong ekonomi warga itu sendiri. Hal inilah yang
mendasari penelitian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dikarenakan adanya usaha bibit
kembang kol yang dapat menambah penghasilan dan pendapatan si pelaku UMKM dan daerah
setempat. Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha bibit kembang kol ini yaitu penjualan ataupun
pemasarannya yang masih menggunakan metode konvensional yang membuat usaha ini kurang
berkembang. Maka dari itu memanfaatkan E-Commerce adalah salah satu cara untuk mengembangkan
dan memperluas target pasar dan pastinya mempermudah transaksi jual beli produk tanpa harus datang
langsung ke lokasi penjualan. Hal ini pastinya akan memberikan kemudahan dan keuntungan tersendiri
bagi pemilik usaha.

Published
2023-03-10