STRATEGI PEMASARAN MELALUI MARKETPLACE DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM DESA WALUYA
Abstract
UMKM yang mampu membangkitkan kreativitas dan mendistribusikan
pendapatan masyarakat yang sejalan dengan upaya melestarikan unsur – unsur
tradisi dan budaya masyarakat setempat. Jangkauan pemasaran UMKM di desa
Waluya hanya di sekitar desa dan tidak memasarkan secara digitalisasi. Kegiatan
Kuliah Kerja Nyata Yang dilakukan Oleh Mahasiswa Universitas Buana
Perjuangan Karawang bertujuan untuk mengembangkan dan memperkenalkan
produk – produk UMKM yang ada di desa Waluya di era digitalisasi, dengan
memanfaatkan Marketplace sebagai sarana untuk memperkenalkan UMKM desa
Waluya, dan pemasaran secara digitalisasi. Metode yang digunakan pada kegiatan
ini adalah metode Observasi yang bersifat deskriptif, dan pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan pemilik UMKM yang kita
tuju di desa Waluya. Manfaat dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata agar menjadi
pengetahuan, strategi pemasaran, keterampilan, dan mengurangi remaja – remaja
pengangguran yang ada di desa Waluya. Hasil yang diharapkan dengan
memperkenalkan produk UMKM melalui Marketplace adalah dapat meningkatkan
inovasi dalam pemasaran pada UMKM nya masing – masing dan minat remaja –
remaja di desa Waluya untuk melanjutkan UMKM yang ada serta membantu
pemasaran secara digitalisasi.