POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
Abstract
Kemandirian merupakan hal penting yang harus ditumbuh kembangkan sejak dini pada anak,
anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan
perkembangan dengan pesat. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan
kemandirian anak adalah pola asuh orang tua. Pola asuh yang efektif untuk menumbuhkan
perkembangan kemandirian anak yaitu pola asuh demokratis, penulis melakukan kunjungan
dan pengabdian di RA Nurul Huda yang beralamat di Desa Waluya, Kecamatan Kutawaluya,
Kabupaten Karawang, Penulis mendapat kan informasi bahwa sebagian siswa di RA Nurul
Huda Huda belum memiliki sikap mandiri yang baik, masalah yang paling menjadi hambatan
pada aktivitas pembelajaran adalah siswa harus selalu didampingi oleh orang tuanya selama
kegiatan pembelajaran berlangsung, hal ini membuat suasana pembelajaran menjadi tidak
efektif. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan psikoedukasi tentang pola asuh
demokratis dalam mengambangkan kemandirian anak usia dini. Metode yang digunakan pada
saat kegiatan sosialisasi adalah active learning (pembelajaran aktif) dengan ceramah secara
tatap muka. Respon dianggap berhasil ketika mengulang materi yang telah disampaikan wali
murid dan guru mampu memberikan dan menjawab pertanyaan pada saat sesi diskusi.
Kegiatan dilakasanakn pada hari Kamis, 20 Juli 2022 di RA Nurul Huda, Dusun Pangasinan,
Desa Waluya, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, di hadiri oleh 30 peserta yaitu
diantaranya orang tua siswa, guru dan siswa. Kesimpulan dari pembahasannya yaitu
pengembangan kemandirian anak usia dini dapat di kembangkan secara efektif dengan
menggunakan pola asuh demokratis