PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN UMKM DI DESA WALUYA PADA ERA DIGITAL

  • Mochamad Ramdan Firdaus Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dinda Aisha Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Saat ini internet mudah diakses oleh siapapun. Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana jual beli produk masingmasing. Oleh karena itu UMKM perlu segera menyesuaikan cara jual beli nya melalui
media social pada era digitalisasi. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini
adalah membantu UMKM Desa Waluya menghadapi lesunya perekonomian dan
diharapkan dapat menunjang manajemen pemasarannya di era digital guna meningkatkan
penjualan.
Tahapan pendampingan dimulai dari pemberian materi tentang pemasaran di era
digitalisasi meliputi: konsep kreatif dan inovasi pemasaran (pelabelan, pengemasan, buku
kas penjualan); dan pengenalan beberapa aplikasi di media social meliputi Aplikasi
WhatsApp; Aplikasi Facebook; Aplikasi Instagram. Tahapan berikutnya para UMKM
tersebut didampingi untuk mengembangkan produk mereka dan dapat mengoperasikan
aplikasi guna mendukung kegiatan usaha mereka

Published
2023-03-09