PEMANFAATAN PEMASARAN MELALUI MEDIA ONLINE PADA UMKM KERUPUK ALMA JAYA DI DESA SINDANGSARI

  • Sari Nurseha Firdaus Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan cara mengajak mahasiswa
untuk turun ke lapangan membantu masyarakat secara langsung. Mahasiswa bebas mencoba untuk
memecahkan berbagai permasalahan di desa yang telah dipilih. KKN ini didasari pada UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal
20 Ayat 2 yang menyatakan bahwa, “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan,
penelitian, dan pengabdian masyarakat”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
deskriptif untuk menggambarkan masalah yang sedang berlangsung. Teknik pengambilan data ini
menggunakan data primer, yang mana data diperoleh secara langsung dari objek penelitian yang
berada di Desa Sindangsari, Kecamatan Kutawaluya. Dan sumber data ini diperoleh dari hasil
wawancara dan observasi secara langsung ke pemilik UMKM Kerupuk Alma Jaya milik Ibu Wati di
Desa Sindangsari. UMKM kerupuk ini dalam sistem pemasarannya hanya memasarkan produk secara
offline dari warung ke warung dengan harga perpack Rp. 10.000 isi 10 pcs. Media sosial dapat
dimanfaatkan menjadi strategi online marketing oleh Ibu Wati untuk memperluas pemasaran dan
memberikan informasi produk secara jelas kepada konsumen dengan memanfaatkan media sosial
seperti whatsapp, instagram, facebook, atau menggunakan marketplace untuk menjual produk seperti
shopee, tokopedia, lazada, dan lain-lain. Strategi online marketing memiliki beberapa tahapan, yaitu:
penginstalan aplikasi, pembuatan akun, pembuatan konten produk secara berkala, dan menjalin serta
menjaga komunikasi yang baik dengan para konsumen.

Published
2023-03-09