PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA SINDANGSARI

  • Nofita Sari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Desa Sindangsari adalah salah satu desa di Kecamatan Kutawaluya, kabupaten Karawang, Jawa Barat,
Indonesia. Potensi desa mayoritas berupa persawahan, sedikit perkebunan, tempat pertenakan ayam
dan beberapa UMKM, salah satunya pembuatan kerupuk ikan. Untuk meningkatkan UMKM nilai
kerupuk ikan di Desa Sindangsari maka market place harus diperluas. Tujuan kegiatan pengabdian
kepada masyarakat ini adalah membantu para pelaku usaha dalam menghadapi turunnya perekonomian
dan dapat peningkatan penjualan produk UMKM di era digital ini. Pada sosialisasi UMKM ada
beberapa tahapan pemberian materi tentang proses packaging dan pemasaran untuk lebih
dikembangkan dengan cara digitalisasi. Manfaat e-commerce dan media sosial dan proses pemasaran,
aplikasi media sosial yaitu instagram yang digunakan untuk menginformasikan produk yang mereka
jual. Perubahan cara memasarkan produk menggunakan media sosial memberikan manfaat dan hasil
yang lebih baik lagi dan semakin terkenalnya produk yang ditawarkan dan naiknya angka penjualan
tersebut. Karena mitra memiliki akses yang lebih luas tidak hanya di desa Sindangsari saja.

Published
2023-03-09