SOSIALISASI DAN DIGITALISASI PENJUALAN PRODUK UNGGULAN UMKM DESA SINDANGSARI MELALUI PENGGUNAAN E-COMMERCE SEBAGAI PLATFORM PEMASARAN

  • Aprilia Putri Nardilasari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM adalah suatu usaha yang dijalankan oleh individu, rumah tangga, atau badan usaha yang
berukuran kecil. Kemajuan teknologi sudah menjadi bagian terintegrasi dan bersinergi terhadap
kehidupan manusia. Perkembangan teknologi tidak hanya merubah model bisnis yang bergerak di
bidangnya, tapi juga sudah merambah ke berbagai bidang, termasuk Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM). Keberadaan UMKM di Indonesia dipercayai mampu memberikan kontribusi
yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, agar para pelaku UMKM terus
dapat bertahan dengan perubahaan teknologi sangat cepat, maka pelaku UMKM harus terus belajar
dan siap mandiri untuk merubah model bisnis mengikuti perkembangan zaman. Salah satu perubahan
tersebut dengan mendigitalisasi produk yang mereka jual. Edukasi bagi UMKM di desa Sindangsari
terkait bagaimana menghubungkan produk mereka secara digital yaitu salah satunya memperkenalkan
e-commerce sebagai platform pemasaran. E-commerce adalah electronic commerce, yaitu semua
bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa yang dilakukan secara elektronik yang penting untuk
dilakukan agar bisnis UMKM tidak hanya bertahan di tengah persaingan tapi juga bisa tumbuh dan
berkembang ke skala yang lebih besar. Secara detail metode yang dilakukan oleh penulis dalam
melakukan penulisan meliputi studi lapangan dan studi pustaka. Studi lapangan meliputi wawancara
dan pengamatan. Studi pustaka dilakukan dengan penelitian kepustakaan yang relevan dengan
masalah yang dihadapi penulis. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan salah satu upaya yang
dilakukan dalam mewujudkan hal itu adalah telah dibuatkan akun e-commerce yaitu shopee dan
dilakukan sosialisas

Published
2023-03-09