STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL DI DESA JATIMULYA KECAMATAN PEDES (STUDI UMKM JIDAN SNACK)

  • Tanti Wijayanti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lia Amalia Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Upaya memajukan dan mengembangkan perekonomian desa dilakukan melalui UMKM
yang ada desa yang bertujuan untuk membina potensi lokal desa setempat. Potensi yang
dimiliki UMKM Jidan Snack membutuhkan kreativitas dan inovasi dalam pemasaran
produk, sehingga peningkatan dan pengembangan bisnis membutuhkan pemasaran yang
andal. Untuk memperluas pemasarannya, Jidan Snack dapat melakukan pemasaran digital
melalui marketplace Shopee. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji strategi pemasaran
berbasis digital pada UMKM Jidan Snack. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja tersebut berhasil
memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya memanfaatkan
teknologi informasi mengenai strategi pemasaran digital. Penulis berharap supaya pelaku
UMKM yang telah menerima sosialisasi tersebut terus mengimplementasikan materi yang
diberikan dan berinovasi mengikuti perkembangan pada teknologi informasi

Published
2023-03-08