PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMASARKAN PRODUK UMKM KERIPIK PISANG JIDAN SNACK DI DESA JATIMULYA

  • Novia Denada Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lia Amalia Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil menengah.
Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM merupakan bagian
dari kegiatan ekonomi masyarakat bangsa yang saat ini semakin
dikembangkan. Hal ini dikarenakan keberadaan UMKM sangat bermanfaat
dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat. Selain itu, UMKM mampu
menyerap tenaga kerja dalam skala yang besar sehingga menjadi salah satu
solusi dalam mengurangi tingkat pengangguran. Permasalahan tersebut juga
terjadi pada sebagian besar UMKM di wilayah Desa Jatimulya Kecamatan
Pedes Kabupaten Karawang. UMKM Keripik Pisang Jidan Snack salah
satunya, dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi pelaku UMKM
di tuntut agar bisa mengikuti perkembangan jaman dan teknologi diantaranya
adalah perkembangan dalam melakukan strategi pemasaran, digital
marketing yang dilakukan oleh Jidan Snack khususnya pada produk dalam
mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan pelayanan. Mengenai
penerapan digital marketing yang dilakukan pada Jidan Snack dan
pengaruhnya penerapan digital marketing terhadap kepuasan konsumen pada
Jidan Snack. Permasalahan yang ada pada Jidan snack adalah kurangnya
media promosi yang Jidan Snack berikan kepada customer dan tidak adanya
akun media sosial Instagram yang fungsinya untuk membuat promosi dan
menyebarkan beragam foto kripik pisang hasil Jidan snack. Dalam
pelaksanaan pengembangan UMKM itu sendiri penulis menggunakan metode
analisis SWOT dan kualitatif

Published
2023-03-08