Pemanfaatan Media Sosial Di Era Pandemi Sebagai Media Pengembangkan Umkm Warga Di Desa Jatimulya

  • Fikiana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Lia Amalia Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media internet
sebagai sarana pemasaran online untuk memperoleh pangsa pasar yang
memuaskan. Saat ini internet sudah sangat mudah diakses oleh siapapun
diseluruh dunia, termasuk para pebisnis UMKM yang menggunakan internet
sebagai sarana pemberi dan berbagi informasi tentang produk yang ditawarkan
oleh pelaku UMKM Desa Jatimulya kepada konsumen secara online.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana pemanfaatan media sosial oleh
UMKM dalam memasarkan produk dimasa pandemi COVID19. Tujuan
penelitian adalah untuk mengenalkan produk-produk UMKM kepada
masyarakat luas agar mendapatkan potensi pasar yang lebih besar. Metode
penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendektaan
deskriptif dengan memanfaatkan data sekunder yang berasal dari berbagai
literatur seperti buku-buku, jurnal/artikel serta homepage untuk mengakses
data dan informasi terkini berkaitan dengan dampak COVID-19 dan
pemanfaatan media sosial untuk pemulihan UMKM. Hasil penelitian adalah,
pemanfaatan sosial media memberikan prospek yang baik untuk menaikkan
angka penjualan produk UMKM yang mengalami dampak pandemi COVID19. Hal itu disebabkan karena sistem pemasaran digital menyediakan platform
jual beli secara daring, agar memudahkan proses pemesanan dan pembelian.
Sehingga pembeli dapat berinteraksi dengan pemilik UMKM untuk melakukan
transaksi secara langsung

Published
2023-03-08