IMPLEMENTASI E-COMMERCE DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM DESA JATIMULYA
Abstract
Desa Jatimulya merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang.
Desa Jatimulya memiliki potensi yang cukup besar, antara lain potensi wisata, potensi pertanian dan
potensi UMKM yang jika dikelola dengan baik akan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.
Komoditas pertanian maupun perdagangan secara bersama-sama diolah oleh masyakarat desa kemudian
menjadi produk unggulan desa, yang kemudian dipasarkan oleh masyarakat maupun UMKM yang ada
di Desa Jatimulya. Telah banyak produk UMKM dan Pertanian yang telah dihasilkan, tetapi masih
terkendala dengan pemasaran. Masyarakat Desa Jatimulya sebagian besar belum memiliki kemampuan
dalam melakukan pemasaran baik secara manual maupun secara digital dengan memanfaatkan
teknologi informasi. Berdasarkan hal tersebut maka perlu untuk dilakukan observasi dan pelatihan
kepada masyarakat desa dan UMKM agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan
pemasaran secara digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-commerce memberikan
pengaruh positif bagi pemilik UMKM untuk meningkatkan penjualan dan memudahkan para
pembeli untuk membeli produk pemilik UMKM tersebut. Aplikasi pemasaran yang paling
menunjukkan hasil yang signifikan adalah Instagram dan Shoope. Oleh karena itu dibuatlah
sistem penjualan UMKM Desa Jatimulya berbasis Website, Dengan harapan agar UMKM
Desa Jatimulya bisa lebih maju darisegi pemasarannya. Meskipun demikian, para pelaku usaha
mengaku bahwa pesan promosi pemasaran masih terdampak lebih besar jika dilakukan secara
langsung.