PELATIHAN UMKM GORING (GORENG KERING ) DAN PEMANFAATAN BERBARIS DIGITALISASI DIDESA JATIMULYA DUSUN KADAUNG
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang
cukup mendominasi dijalankan oleh pelaku usaha. Namun, UMKM mengalami tantangan
dalam menghadapi persaingan digitalisasi di bidang bisnis agar mampu bertahan di tengah
persaingan. Salah satu hal yang permasalahan dan penting dimiliki pelaku UMKM adalah
kemampuan untuk melakukan pemasaran melalui internet. Di Era digital ini orang cenderung
lebih memilih untuk membeli produk lewat Online, untuk itulah penting bagi para pelaku
UMKM memiliki ketrampilan marketing lewat internet. Agar produk yang dipasarkan lebih
banyak dikenal orang, dan dapat meningkatkan penjualan. Maka dari itu salah satu tujuan dari
Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah untuk mengenalkan penggunaan digitalisasi dan
mengaplikasikannya pada pelaku UMKM. Proses sosialisasi dilakukan secara serentak dan
bersama dirumah pelaku UMKM. Metode dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, tutorial,
diskusi, pendampingan dan asesmen.