PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE UMKM KERIPIK PISANG TEH NUR KE MARKETPLACE SHOPEE
Abstract
Desa Karangjaya merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Pedes, Kabupaten
Karawang. Desa Karangjaya memiliki luas 4,23 km2 dengan jarak ke kantor kecamatan 3,20
km serta jarak 30,00 km ke kantor Bupati, Metode yang digunakan dalam laporan ini penelitian
ini menggunakan metode deskriptif observasi. Menjelaskan bahwa metode deskriptif
merupakan metode yang bertujuan unytuk memberikan deskripsi, penjelasan mengenai yang
ditengah diteliti. UMKM keripik pisang diberi nama usaha “ Keripik Pisang Teh Nur” yang
dimana pemilik dari usaha tersebut bernama ibu nur atau biasa di sapa teh nur, melalui
observasi yang dilakukan mahasiswa (KKN) di rumah tempat ibu nur memproduksi keripik
pisangnya, mahasiswa melalui wawancara bersama ibu nur dan bapak sekretaris desa yang ada
di karangjaya, hasil observasi mahasiswa UBP karawang terhadap pelaku UMKM di Desa
Karangjaya tersebut, yang sebelumnya ditemukan minimnya pengetahuan akan teknologi
digital untuk memasarkan produk melalui digitalisasi. Sebelumnya Keripik pisang Teh nur
tidak memiliki packaging khusus hanya menggunakan plastik biasa dan belum memiliki label.
Keripik pisang teh nur ini biasanya hanya dijual ke warung dan hanya membuat jika ada
pesanan.Produk ini sudah di kemas dengan rapi namun belum memiliki merek dan
pemasarannya hanya dijual di sekitar daerah karangyjaya saja, belum sampai keluar kota
maupun melalui media sosial yang ada. Hal ini menjadi masalah yang dihadapi oleh UMKM
tersebut.