PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENGENALKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA DI DESA KARANGJAYA

  • Nadia Paputungan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Mitra Sasmita. M.pd Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila dalam kegiatan pembelajaran di
Rumah Konsultasi Belajar di Desa Karangjaya. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan mengajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai
Pancasila dalam kegiatan pembelajaran sudah cukup baik. Guru mengenalkan nilai-nilai Pancasila
dengan memasukkannya dalam metode mengajar, sikap terhadap siswa, dan kegiatan rutin
sekolah. Guru selalu mengingatkan siswa yang melanggar nilai-nilai Pancasila. Faktor pendukung
dari mengenalkan nilai-nilai Pancasila yaitu adanya kesadaran dan dukungan dari orang tua, guru,
serta lingkungan tempat tinggal yang mendukung. Hambatan yang dihadapi adanya beberapa anak
yang sulit dinasehati dan kebiasaan anak diluar sekolah yang kurang baik. Dengan mengatasi
hambatan tersebut guru terus melakukan pembiasaan, bimbingan, dan pembinaan kepada anak.

Published
2023-03-08