UPAYA PEMANFAATAN WHATSAPP BISNIS DALAM PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK PISANG TEH NUR DI DESA KARANGJAYA

  • Reni Septianur Simarmata Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Mitra Sasmita. M.pd Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Media sosial adalah alat atau sarana yang dapat diakses oleh semua orang tanpa adanya batasan
waktu dan jarak selama terdapat jaringan internet. Adanya media sosial yang mempunyai akses luas,
mudah, dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani
mempromosikan produk-produknya sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Objek dalam
kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah Keripik Pisang Teh Nur yang berada di Desa Kangjaya.
Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh UMKM dalam
pengembangan UMKM.
Tujuan dari kegiatan penelitian ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya Digitalisasi
melalui media sosial seperti membuka toko di Instagram, Tiktok, Facebook maupun Whats.app Bisnis
yang dapat memberikan atau dorongan penjualan produk sehingga diharapkan omset penjualan semakin
meningkat. Metode penelitian yang digunakan untuk penulisan artikel ini adalah metode penelitian
kualitatif yang disusun secara deskriptif. Oleh karena itu, peran teknologi diperlukan dalam mendorong
keberhasilan perusahaan untuk memperluas akses pasar melalui pemanfaatan teknologi informasi
berbasis media sosial terutama dalam pemanfaatan WhatsApp Bisnis yang dapat digunakan sebagai
media komunikasi pemasaran modern.
Dengan adanya program Kuliah kerja Nyata diharapkan kegiatan penyuluhan dan pelatihan
tentang pengembangan UMKM di Desa Karangjaya melalui media sosial berupa WhatsApp Bisnis
dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya media sosial dalam mengembangkan
bisnis sekaligus mengikuti perkembangan zaman dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Published
2023-03-08