PENGARUH SOSIALISASI PERKEMBANGAN USAHA TERHADAP MOTIVASI KERJA PELAKU USAHA DI DESA KARANGJAYA
Abstract
Motivasi merupakan faktor utama individu dalam melakukan segala tindakan atau
pekerjaan untuk mencapai hasil seoptimal mungkin, motivasi disini fokus pada motivasi kerja
yang merupakan suatu kondisi atau keadaan yang mempengaruhi seseorang untuk terus
meningkatkan, mengarahkan serta memelihara perilakunya yang berhubungan baik secara
langsung maupun tidak langsung dengan lingkungan kerjanya (Adisthy 2018). Indikator
motivasi kerja menurut Clelland’s (dalam Farizki, 2017) yaitu insentif, motif dan harapan.
bagi para pelaku usaha hal hal itu menjadi penting untuk keberlangsungan usaha. Tujuan dari
penelitian ini adalah pemberian sosialisasi kepada pelaku usaha mengenai bagaimana cara
ubtuk mengembangkan usaha dengan beradaptasi pada perkembangan teknologi untuk
meningkatkan motivasi yang didalamnya terdapat harapan yang baik untuk pelaku usaha.
Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan
dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, sebagian pelaku usaha yang mengaku
sudah berhenti berusaha sehingga mempunyai keinginan untuk kembali melanjutkan
usahanya dan pelaku usaha lain yang lebih berkembang dari sebelumnya dengan memasarkan
produknya ke pasar dan media yang lebi luas dengan motivasi kerja yang lebih baik.