MENINGKATKAN LABA PENJUALAN UMKM KANGSRENG DI DESAMALANGSARI
Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu kegiatan pengabdian dari mahasiswa
kepada masyarakat, dengan mengedepankan tiga prinsip yaitu pendidikan, pengajaran dan
pengabdian. Salah satu program kerja dalam kegiatan KKN ini bertujuan untuk
memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang hubungan antara volume penjualan dan
laba usaha terhadap UMKM. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan UMKM dapat
mengembangkan usahanya agar berjalan dengan lebihbaik. Salah satu UMKM yang berada
di Desa Malangsari adalah UMKM Kangsreng. Pelaku UMKM ini memiliki permasalahan
mengenai pemasaran melalui kemasan produk yang mampu berdampak pada laba
penjualan UMKM yang akan didapat setiap bulannya. Dari hasil observasi yang dilakukan,
diketahui bahwa penurunan laba penjualan terjadi karena daya saing makanan ringan yang
rendah di pasaran. Maka dari itu dilakukan sosialisasi agar UMKM Kangsreng di Desa
Malangsari mampu menaikkan daya saing dan menambah pangsa pasarnya agar laba
penjualannya dapat meningkat sehingga akan berimbas baik pada usaha UMKM
Kangsreng.