SOSIALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM

  • Anggi Octa Fadilah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rengga Madya Pranata Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Media sosial menggambarkan sistem pemasaran dengan media elektronik. Facebook
adalah media sosial yang banyak digunakan untuk berbagai informasi terutama untuk
penjualan. Banyak UMKM yang ada di Desa Malangsari terutama penjualan Peyek teri dan
kacang merupakan produk rumahan yang penjualannya masih dilakukan secara konvesional.
Melakukan sosialisasi dengan menggunakan sosisal media Facebook diharapkan membantu
meningkatkan penjualan produk bagi pemilik UMKM dengan tolak ukur yang digunakan agar
jangkauan penjualan lebih luas dan diharapkan lebih stabil. Metode yang digunakan adalah
sosialiasi kepada para pemilik UMKM Desa Malangsari. Hasil penelitian menunjukan bahwa
sosial media Facebook memberikan pengaruh yang efektif untuk melakukan penjualan, karena
Facebook sendiri lebih banyak digunakan oleh masyrakat untuk melakukan jual beli Online
dan lebih banyak dimengerti penggunaan nya oleh masyarakat. Facebook sendiri juga sudah
mulai berkembang dari segi pemasangan iklan jadi akan lebih mudah dalam memasarkan
produk UMKM itu sendiri. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pemilik
UMKM di Desa Malangsari ditemukan telah menggunakan Facebook untuk melakukan
prnjualan UKM tersebut. Penggunan Facebook sendiri yang akan memberikan kemajuan dalam
memasarkan produk yang dijual karena dapat menghalkan interaksi antar penjual dan pembeli,
penyebaran yang tepat dan mudah diterima oleh konsumen.

Published
2023-03-08