Sosialisasi dan penerapan pemasaran produk UMKM menggunakan E-Commerce di Desa Puspasari
Abstract
Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam semua ekonomi
di dunia, karena terkait dengan penciptaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan,
kontribusi pada inovasi dan produk domestik bruto suatu negara. Namun banyak dari bisnis
UMKM menghadapi tantangan dan sering gagal dalam waktu singkat. Tantangan yang
dihadapi oleh UMKM ini diantaranya adalah terkait dengan produk dan cara pemasaran yang
efektif. Banyak UMKM di desa Puspasari yang kurang memahami pentingnya pemasaran
melalui internet untuk memperluas usahanya. Program kerja ini bertujuan untuk menganalisa
kendala yang ada di Desa Puspasari, melakukan pembinaan terkait pengenalan internet atau
e-commerce, serta memudahkan pelaku UMKM dalam mengelola produknya di internet atau
e-commerce. Metode yang dilakukan adalah dengan cara pendekatan serta pembinaan kepada
para pelaku UMKM melalui sosialisasi seminar secara langsung. Adapun hasil dari program
yang telah kami lakukan yaitu pelaku UMKM dapat menerapkan ilmu yang telah diberikan,
mereka menerima dengan baik program yang kami laksanakan dan juga mereka mulai
memahami bahwa mengelola laporan keuangan itu penting.