PENGENALAN DAN PEMANFAAĽAN WEBSIĽE ECOMMERCE KEPADAPELAKU UMKM UNĽUK MENINGKAĽKAN PEMASARAN PRODUK

  • Samsuri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Deden Wahiddin Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Masa menjadi masa yang sulit bagi bebeíapa aspek teímasuk dunia pemasaían. Hal teísebut
juga diíasakan oleh paía pemilik UMKM. Melalui pendampingan bagi bebeíapa mitía maka
penting untuk mencaíi tahu apakah penggunaan E-Commeíce dapat membantu meningkatkan
penjualan píoduk bagi pemilik UMKM. Ľolok ukuí yang digunakan untuk mencaíi tahu
ketepatan penggunaan E-Commeíce dapat dilihat daíi segi mode tíansmisi, waktu, konteks,
foímat dan íeception. Responden yang menjadi mitía penelitian adalah paía pemilik UMKM yang
baíu menjalankan usahanya dan belum memiliki caía untuk memasaíkan píoduknya yang
stabil. Selain itu, pemilihan íesponden juga dilihat daíi meíosotnya penjualan selama masa
pandemi Covid ini muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-commeíce membeíikan
pengaíuh positif bagi pemilik UMKM untuk meningkatkan penjualan dan memudahkan paía
pembeli untuk membeli píoduk pemilik UMKM teísebut. Kombinasi daíi mode tíansmisi, waktu,
konteks dan foímat yang tepat pada E-Commeíce ini menghasilkan pengaíuh positif pada
timbal balik, baik daíi segi píoses komunikasi maupun daíi peningkatan penjualan píoduk.
Selain itu alat komunikasi pemasaían sepeíti peíiklanan, diíect maíketing, sales píomotion, dan
public íelations dapat tetap dioíganisií dengan menggunakan E-Commeíce. Alat
pemasaían yang paling menunjukkan hasil yang signifikan adalah penggunaan diíect
maíketing dan sales píomotion. Meskipun demikian, paía pelaku usaha mengaku bahwa pesan
píomosi pemasaían masih teídampak lebih besaí jika dilakukan secaía langsung.

Published
2023-03-07