PENGEMBANGAN DAYA SAING UMKM DALAM PENJUALAN KERIPIK JENGKOL DI DESA PAYUNGSARI

  • Galuh Permadi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Deden Wahiddin Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Daya saing yang tinggi juga sangat diperlukan dalam kondisi bersaing dengan pasar global seperti
dengan adanya implementasi Masyarakat Ekonomi Asean. Kondisi ini akan memberikan tantangan
namun juga dapat memperoleh peluang, sehingga UMKM dituntut untuk meningkatkan daya
saingnya. Penelitian ini lebih mengutamakan penggunaan dengan metode yang telah disesuaikan
dengan permasalahan dalam penelitian yang telah dilakukan, yang bertujuan untuk memperoleh data
yang berkaitan untuk dijadikan objek penelitian lebih lanjut. adanya penelitian ini dimaksudkan untuk
memperoleh gambaran serta informasi secara menyeluruh dan lengkap, guna melakukan pembinaan
serta pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. UMKM sendiri
memiliki peranan penting dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi negara. UMKM tidak bisa
dipandang sebelah mata, walaupun tergolong usaha kecil, namun UMKM keberadaannya hampir di
setiap pelosok daerah dan kota, UMKM telah terbukti mampu bertahan di saat krisis ekonomi
menyerang Indonesia pada tahun 1997-1998. Dalam melakukan pemasaran kripik jengkol dan kripik
kentang ini biasanya hanya menggunakan kemasan toples besar dan melalui dari mulut ke mulut.
Sehingga pada pengembangan produk UMKM ini dengan memberikan label atau stiker dengan
kemasan ziplock sehingga dapat menjaga kerenyahan produk. Terdapat beberapa strategi dan upaya
yang dilakukan oleh pelaku UMKM untuk mempertahankan usahanya, diantaranya UMKM Kripik
Jengkol dan Kripik Kentang melakukan promosi pemasarannya lewat sosial media seperti shopee,
lazada, facebook, instagram, dan lain-lain. Agar mempermudah pembeli supaya lebih gampang dalam
proses jual beli kripik jengkol tersebut.

Published
2023-03-07